Penyebab Ketombe Basah dan Cara Mengatasinya

Ketombe Basah Buat Risau, Apa Pemicu dan Bagaimana Langkah Menanganinya?


Penyebab Ketombe Basah dan Cara Mengatasinya

Selainnya ketombe kering, ada juga keadaan yang dikenali dengan ketombe basah. Pemicu ketombe basah ialah penimbunan sebum atau minyak alami berlebihan yang melekat dengan kotoran dan sel-sel kulit mati. Bagaimanakah cara hilangkan ketombe basah?

Sejauh ini, Anda kemungkinan memandang jika ketombe ialah keadaan kulit kepala kering dan terkelupas yang hasilkan serpihan kecil lembut warna putih. Kenyataannya, ada juga keadaan yang dikenali dengan ketombe basah. Apa pemicu ketombe basah dan bagaimanakah cara menanganinya?

Baca info secara lengkap berkenaan ketombe basah dalam artikel di bawah ini.

Pemicu ketombe basah

Beberapa pemicu ketombe basah dapat ada ialah seperti berikut.

1. Produksi sebum berlebihan

Sebetulnya, pemicu ketombe basah ialah penimbunan sebum atau minyak alami berlebihan yang melekat pada waktu yang lama di dalam lingkungan lembap. Ini, kulit kepala memiliki kelenjar sebasea (sebaceous) yang berperan menghasilkan sebum atau minyak alami.

Sebum berperanan dalam jaga rambut dan kulit kepala Anda supaya masih tetap lembap dan menghindarinya kering.

Saat produksi kelenjar sebasea menghasilkan minyak alami dengan jumlah berlebihan, misalkan karena dampak hormonal, sebum akan menimbun di kulit kepala.

Makin lama, sebum akan melekat di kulit kepala. Bila tidak dibikin bersih secara benar, sebum akan terendap pada tempat kulit kepala yang lembap.

Sebum yang menimbun dan lembap itu selanjutnya akan melekat dengan kotoran dan sel-sel kulit mati hingga membuat ketombe basah atau ketombe berminyak.

2. Langkah keramas yang keliru

Pemicu ketombe basah selanjutnya ialah langkah keramas yang keliru hingga mengakibatkan kulit kepala dan rambut tidak bersih.

Bila dilaksanakan terus-terusan, penimbunan minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati akan terendap hingga membuat keadaan kulit kepala jadi terus lembap.

3. Keadaan kulit tertentu

Pemicu ketombe basah yang umum dapat karena keadaan dermatitis seboroik.

Sampai sekarang ini, belumlah diketahui benar penyebab timbulnya keadaan dermatitis seboroik di kulit kepala.

Tetapi, ada faktor-faktor yang berperan pada dermatitis seboroik, misalnya:

  • Genetik
  • Depresi
  • Infeksi jamur
  • Konsumsi obat tertentu
  • Permasalahan klinis tertentu
  • Cuaca kering
  • Tanggapan mekanisme ketahanan tubuh

Pada beberapa kasus, dermatitis seboroik bisa dikuasai beragam keadaan, misalnya:

  1. Psoriasis. Psoriasis ialah penyakit kulit akut yang diikuti dengan kulit pecah dan terkelupas warna keabuan. Keadaan ini bisa terjadi di kulit kepala.
  2. Eksim. Eksim atau dermatitis atopik mengakibatkan infeksi di kulit kepala, siku, dan lutut.
  3. Rosacea. Rosacea dapat terjadi bertepatan dengan dermatitis seboroik. Tanda-tandanya ialah ada ruam kemerahan, khususnya pada tempat muka. Rosacea dapat terjadi berulang-ulang meskipun telah pulih awalnya.
  4. Systemic lupus erythematous (SLE). Pada tahapan tertentu, SLE dapat mengakibatkan ruam berupa kupu-kupu pada tempat tengah muka.

Bayi baru lahir sering alami dermatitis seboroik yang seperti terlihat kerak kepala bayi atau cradle cap.

Selainnya bayi baru lahir, orang dewasa berumur 30-60 tahun rawan alami dermatitis seboroik, khususnya lelaki, dan mereka yang mempunyai tipe kulit berminyak.

Lihat juga factor resiko yang mengakibatkan orang dewasa dapat alami ketombe basah karena dermatitis seboroik, seperti kulit rawan berjerawat, alkoholik, stres, menanggung derita epilepsi, penyakit serangan jantung, atau sedang dalam periode rekondisi pascastroke.

Bagaimanakah cara menangani ketombe basah dengan alami?

Beberapa alternative langkah hilangkan ketombe basah yang dapat Anda kerjakan di dalam rumah, diantaranya:

1. Gel lidah buaya

Salah satunya langkah menangani ketombe basah dengan alami dapat dengan gel lidah buaya.

Gel lidah buaya memiliki kandungan enzim pencuci, seperti oksidase, amilase, dan katalase, dan kandungan vitamin B, C, dan E.

Gel lidah buaya memiliki kandungan glikoprotein yang sanggup kurangi infeksi dan menentramkan kulit kepala gatal.

Beragam faedah baik itu yang dipercaya bisa menolong hilangkan penimbunan sel-sel kulit mati di kulit kepala dan sebum berlebihan yang menjadi pemicu ketombe basah ada.

Berikut langkah menangani ketombe basah dengan lidah buaya secara lengkap.

  1. Berikan gel lidah buaya pada permukaan kulit kepala Anda secara rata.
  2. Rendam handuk bersih dalam tempat berisi air hangat. Mengambil handuk dan peras airnya.
  3. Buntel rambut memakai handuk hangat.
  4. Biarkan sepanjang 1,5 jam.
  5. Bersihkan rambut memakai air dan shampo sampai bersih.

Kerjakan cara ini 3x dalam satu minggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

2. Cuka apel

Cuka apel disebut bisa dijadikan langkah menangani ketombe basah secara alami. Kandungan asam yang tinggi pada cuka apel dipercayai bisa menyamakan pH kulit kepala hingga merepotkan timbulnya ketombe yang disebabkan karena jamur.

Langkah menangani ketombe basah dengan cuka apel ialah cukup tuangkan ½ cangkir cuka apel pada semua kulit kepala. Selanjutnya, pijat kulit kepala secara halus. Biarkan sepanjang 10 menit.

Bagaimanakah cara hilangkan ketombe basah yang dianjurkan dokter?

Bila keadaan ketombe basah tidak juga pulih sesudah lakukan beragam langkah menangani di atas, bahkan juga mengakibatkan kulit kepala memeras, lebam, atau tanda-tandanya makin kronis, selekasnya tanyakan sama dokter.

Jangan diabaikan terlalu lama karena resikonya dapat mengusik kegiatan Anda setiap hari. Dokter akan menganalisis permasalahan ketombe basah yang Anda alami. Jika memang perlu, dia akan ambil contoh kulit kepala Anda dan menganalisanya di laboratorium.

Sesudah mendapatkan analisis yang jelas, dokter kemungkinan memberi resep cream, shampo, atau obat antijamur tertentu untuk menurunkan tanda-tanda.

Beberapa alternative langkah hilangkan ketombe basah yang dapat Anda kerjakan di dalam rumah, diantaranya:

1. Shampo khusus

Salah satunya langkah hilangkan ketombe basah dapat lewat pemakaian shampo khusus.

Anda dapat membeli secara bebas di apotek atau toko yang jual produk dan alat kesehatan, atau memperolehnya lewat resep dokter.

Biasanya, tipe shampo ini memiliki kandungan coal tar, ketoconazole, selenium sulfide, zinc pyrithione, dan asam salisilat didalamnya.

2. Obat beri

Saat konsultasi sama dokter, dia kemungkinan memberi resep obat beri antijamur atau lotion kortikosteroid yang bisa menolong menangani kulit kepala memiliki masalah karena dermatitis seboroik.

Tetapi, harus dipahami jika pemakaian obat beri ini harus sesuai perintah dari dokter.

3. Berjemur

Berjemur pada pagi hari bisa juga dilaksanakan sebagai langkah hilangkan ketombe basah yang disebabkan karena dermatitis seboroik.

Yakinkan Anda selalu memoleskan sunscreen atau tirai surya saat sebelum berjemur di bawah cahaya matahari.

Dalam jangka waktu panjang, langkah hilangkan ketombe basah yang disebabkan karena dermatitis seboroik dapat memunculkan efek.

Selekasnya tanyakan sama dokter jika efek yang muncul dirasakan mengusik kegiatan setiap hari.

Ke orang dengan keadaan tertentu yang permasalahan ketombe basahnya cukup kronis, kemungkinan perlu dilaksanakan gabungan beberapa penyembuhan sekalian sekalian mendapati langkah hilangkan ketombe basah yang betul-betul efisien.

Apakah bedanya ketombe basah dan ketombe kering?

Anda kemungkinan kebingungan dalam membandingkan ketombe basah dan ketombe kering.

Secara nyata, ketidaksamaan ketombe basah dan ketombe kering bisa disaksikan dari:

1. Wujud dan ukuran ketombe

Salah satunya ketidaksamaan ketombe basah dan ketombe kering dapat disaksikan dari wujud dan ukuran.

Sebetulnya, tidak ada istilah ketombe kering di dunia klinis. Keadaan ketombe kering kemungkinan ada karena kulit kepala kering dan terkelupas yang hasilkan serpihan kecil-kecil yang lembut warna putih.

Dan, ketombe basah seperti terlihat serpihan kulit kepala yang terkelupas, warna kuning dan berasa lekat dan berminyak waktu dipegang.

Ketombe basah tidak gampang jatuh seperti ketombe yang berupa serpihan kecil yang lembut. Ketombe basah umumnya melekat pada tangkai rambut dan kulit kepala.

Bila menggaruk kulit kepala, Anda akan berasa permukaan atasnya basah atau lembap.

2. Tanda-tanda

Ketidaksamaan ketombe basah dan ketombe kering berada pada tanda-tanda yang diakibatkan.

Ketombe kering biasanya tidak mengakibatkan iritasi atau kemerahan di kulit kepala.

Dan, ketombe basah dapat beresiko memunculkan iritasi atau kemerahan. Keadaan ini juga dapat terjadi lumayan lama, bahkan juga dapat mengakibatkan gatal dan infeksi yang kronis di kulit kepala.

Ketombe basah yang disebabkan karena dermatitis seboroik bisa mengakibatkan kulit kepala seperti terlihat alami psoriasis, eksim, atau reaksi alergi tertentu.

Lokasi timbulnya ketombe basah dapat bermacam. Dimulai dari, garis batasan rambut di dahi, sisi belakang rambut dekat leher, atau disekitaran telinga.

Walau sering ada di kulit kepala, dermatitis seboroik bisa juga terjadi pada tempat badan yang lain.

Ketombe basah ialah penimbunan sebum atau minyak alami yang melekat dalam waktu yang lama di lingkungan lembap.

Pada kasus tertentu, pemicu ketombe basah bisa disebabkan keadaan dermatitis seboroik.

Untuk menanganinya, Anda dapat konsultasi sama dokter specialist kulit supaya memperoleh pengatasan sesuai pemicunya.

Anda bisa juga konsultasi sama dokter melalui program kesehatan keluarga SehatQ untuk ketahui selanjutnya sekitar pemicu ketombe basah dan langkah menanganinya.

 Afdal Rahendra Perkenalkan saya Afdal Rahendra, saya merupakan mahasiswa lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pada blog saya Pendidikan Diri ini saya akan membahas semua hal yang saya ketahui dan baca tentang PENDIDIKAN

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Ketombe Basah dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel